Kitakini.news – Makanan atau minum pahit merupakan salah satu makanan yang dihindari banyak orang. Kebanyakan orang-orang tidak menyukai rasa pahit karena tidak enak di mulut. Tapi, walaupun rasanya pahit, namun siapa sangka bahwa makanan yang berasa pahit justru memiliki manfaat untuk kesehatan. Salah satu manfaat yang kemungkinan muncul ialah dapat meningkatkan sistem ketahanan tubuh.

Mengonsumsi makanan yang pahit dapat merangsang sistem pencernaan, meningkatkan suplai air liur, dan penyerapan nutrisi dari makanan. Makanan yang pahit dapat mencegah peradangan dan masalah lambung di tubuh.

Selain itu, kandungan nutrisi yang tinggi di dalamnya bisa meningkatkan kekebalan dan metabolisme tubuh. Dari berbagai penjelasan mengenai manfaat yang luar biasa dapat diperoleh dari mengonsumsi makanan pahit.

Berikut sejumlah makanan pahit yang memiliki segudang manfaat buat tubuh, sebagaimana dilansir dari Times of India.

1. Kulit Jeruk

 

makanan pahit

Berbagai jenis buah-buahan citrus seperti lemon, jeruk yang mengandung vitamin C di dalamnya. Walaupun begitu, manfaat dari jeruk tidak hanya daging buahnya saja, melainkan kulitnya.

Hal ini dikarenakan adanya kandungan flavonoid yang memiliki rasa pahit di dalamnya. Kandungan ini lebih tinggi pada bagian kulit ketimbang bagian buah jeruk.

Dari Pare Hingga Teh Hijau, Makanan Pahit Segudang Manfaat

 

2. Pare

 

makanan pahit

Pare merupakan satu dari jenis sayuran yang terkenal dengan rasa pahitnya. Walaupun rasanya pahit, sebagian orang tetap mengonsumsi pare sebagai menu sayuran di dalamnya.

Pare mengandung fitokimia seperti polifenol, flavonoid, dan triterpenoids yang dapat memperlama sel kanker. Sayuran ini juga mengandung antioksidan unuk mencegah kerusakan sel dan menurunkan tekanan gula darah.

 

3. Kokoa

 

Kokoa merupakan tanaman asli yang rasanya pahit dan biasa digunakan sebagai bahan pembuatan cokelat. Rasa pahit yang keluar dari kokoa disebabkan adanya kandungan antioksidan dan polifenol di dalamnya.

Kedua kandungan ini bermanfaat untuk mencegah peradangan dan melebarkan aliran darah. Adapun kandungan lain yang terdapat dalam kokoa seperti zat besi, tembaga, mangan, magnesium, dan zinc.

 

4. Teh hijau

 

Selain pare, teh hijau juga dikenal dengan sejumlah manfaat kesehatan di dalamnya. Minuman yang dikenal Matcha ini bermanfaat untuk meningkatkan pencernaan, daya tahan tubuh, kesehatan kardiovaskular, dan menurunkan berat badan.

Rasa pahit yang keluar dari teh hijau dikarenakan adanya kandungan polifenol dan katekin. Sehingga, meminum teh hijau bisa menjadi pilihan alternatif sebagai pengganti teh biasa atau kopi.

 

5. Sayuran krusifer

 

Walaupun rasa pahitnya tidak menyengat, sayuran krusifer merupakan salah satu sayuran yang terkenal pahit. Sayuran ini mencakup lobak, kubis, bayam, dan brokoli.

Sayuran yang memliki rasa pahit dikarenakan mengandung glukosinolat di dalamnya. Beberapa penelitian menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi sayuran ini dapat bertahan dari gejala penyakit kanker.

Penulis: Qurairah Urbana





Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here