Kitakini.news – Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Provinsi Sumatera Utara (Sumut) menyebut varian baru virus corona jenis B117 belum ada terdeteksi di wilayah Sumut.

“Untuk virus B117 belum ada terdeteksi ya,” kata Juru Bicara (Jubir) Satgas Covid-19 Provinsi Sumut dr Aris Yudhariansyah, Senin (8/3/2021).

Soal antisipasi yang mungkin bakal dilakukan oleh Satgas, Aris mengaku tidak ada hal yang berbeda dari penanganan Covid-19 yang telah dilakukan sebelumnya. Dia menjelaskan, pada hakikatnya virus B117 asal Inggris ini gejala yang ditimbulkannya tidak lebih berat dari SARS-CoV-2 (Covid-19).

“Tidak lebih berat gejalanya, hanya saja penyebarannya lebih cepat,” pesannya.

dr Aris menjelaskan, bila Covid-19 perbandingan penyebarannya adalah 1:3, maka B117 adalah 1:5. Namun, kata dia, meski virus Corona B117 tidak lebih berat dari Covid-19, hal ini tetap perlu diwaspadai karena juga dapat beresiko bagi kematian.

Aris kemudian mengingatkan agar masyarakat tetap menjalankan 5 M (memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menjauhi kerumunan dan membatasi mobilisasi serta interkasi) agar tidak sampai terpapar virus tersebut.

“Masyarakat tak usah panik. Karena kalau tetap menerapkan 5M, tidak akan terpapar. Maka untuk mencegahnya terapkan 5M dengan baik dan benar,” pungkasnya.

Sebelumnya, beberapa waktu lalu masyarakat Indonesia dihebohkan dengan temuan dua virus berasal dari Inggris. Tentunya hal ini sangat mengejutkan dan membuat khawatir banyak orang.

Virus Corona B117 Disebut Lebih Cepat Menyebar

Dilaporkan, banyak negara yang takut dengan strain baru B117 ini karena kemampuan menyebarnya yang 50-70 persen lebih cepat dari virus sebelumnya. Untungnya, strain baru ini tidak terbukti menyebabkan keparahan atau lebih berbahaya dibanding virus sebelumnya.

Reporter : Syahrial Siregar





Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here