Banyak manfaat yang bisa didapatkan jika makan kangkung. (foto : istimewa)

Medan.top – Kangkung mengandung sejumlah nutrisi yang baik bagi tubuh.

Dikutip dari situs Data Komposisi Pangan Indonesia, berikut ini adalah kandungan gizi yang terdapat pada 100 g kangkung segar yang masih mentah.

Air: 91 g
Protein: 3,4 g
Lemak: 0,7 g
Karbohidrat: 3,9 g
Serat: 2 g
Abu: 1 g
Kalsium (Ca): 67 mg
Fosfor (P): 54 mg
Besi (Fe): 2,3 mg
Natrium (Na): 65 mg
Kalium (K): 250,1 mg
Tembaga (Cu): 0,13 mg
Seng (Zn): 0,4 mg
Beta-Karoten: 2.868 mcg
Karoten Total (Re): 5.542 mcg
Thiamin (Vit. B1): 0,07 mg
Riboflavin (Vit. B2): 0,36 mg
Niasin (Niacin): 2 mg
Vitamin C: 17 mg

Meskipun kaya akan berbagai nutrisi penting, kangkung atau bayam air merupakan jenis sayuran yang rendah kalori. Sebelum dimasak, secangkir daun bayam air hanya mengandung 28 kalori.

Dikutip dari hellosehat, berikut 7 manfaat kangkung yang bisa Anda dapatkan dengan rutin mengonsumsinya:

1. Menjaga kesehatan mata

Kangkung kaya akan vitamin A yang baik untuk menjaga kesehatan mata. Pasalnya, vitamin A mampu melindungi kornea dan lapisan mata dari infeksi bakteri dan virus. Vitamin ini juga bisa meningkatkan produksi cairan sehingga mata tidak kering.

2. Antiradang

Sayur kangkung ternyata punya khasiat antiradang yang mujarab. Peradangan biasanya ditandai dengan gejala seperti nyeri dan pembengkakan. Kangkung diketahui juga ampuh dalam melawan peradangan yang diakibatkan oleh infeksi bakteri Staphylococcus aureus dan Bacillus subtilis. Bakteri-bakteri tersebut bisa menyebabkan penyakit MRSA, bintitan, serta keracunan makanan.

 

3. Mencegah diabetes

Tahun 2013 lalu para peneliti berhasil menemukan khasiat rutin makan kangkung untuk mencegah diabetes pada ibu hamil dan bayinya. Studi ini dilakukan pada tikus percobaan.

Penelitian dalam Journal of Diabetes ini mencatat bahwa sayur ini bekerja sebagai antioksidan. Hingga antioksidan tersebut mampu menangkal oksidasi penyebab diabetes pada sel-sel tubuh ibu hamil dan janin.

 

4. Melawan kerusakan hati (liver)

Sejak berabad-abad lalu, manfaat kangkung diketahui mujarab untuk melawan kerusakan organ hati. Baru-baru ini penelitian dalam jurnal Molecules juga berhasil membuktikan manfaat tersebut. Hingga bisa melindungi organ hati dari kerusakan, luka, dan peradangan.

Menurut para ahli, ini karena kangkung bisa memicu produksi enzim yang akan membersihkan (detoksifikasi) hati dari racun dan zat sisa yang dapat menyebabkan kerusakan.

 

5. Mencegah dehidrasi

Tingginya kandungan berbagai jenis mineral dalam kangkung membuat sayur ini baik untuk mencegah dehidrasi.

Ini karena peran utama mineral seperti kalium dan natrium yang ada di dalamnya.

Kedua mineral tersebut bertanggung jawab untuk menjaga keseimbangan cairan dan kadar elektrolit dalam tubuh. Itu sebabnya, makan sayur ini bisa mencegah Anda kehilangan terlalu banyak cairan.

 

6. Mengatasi anemia

Selain menjaga cairan dan elektrolit, mineral yang terdapat dalam sayur kangkung juga bisa membantu mengatasi gejala anemia.

Ini lantaran bayam air mengandung zat besi dan fosfor. Zat besi sendiri sangat ampuh untuk meningkatkan produksi sel darah merah (hemoglobin). Sel darah merah diperlukan untuk mengangkut oksigen ke seluruh sel dan organ tubuh Anda, misalnya jantung dan otak.

 

7. Mengurangi risiko penyakit kronis

Manfaat kangkung yang sayang jika dilewatkan yaitu mengurangi risiko penyakit kronis. Selain itu, manfaat kangkung lainnya adalah mencegah penyakit lain yang disebabkan oleh lemahnya sistem kekebalan tubuh Anda.

Pasalnya, kangkung ini tinggi akan vitamin C sehingga mampu meningkatkan kekebalan tubuh sekaligus melawan kerusakan sel.

Baik itu karena penyakit kronis seperti penyakit jantung dan stroke hingga karena infeksi virus dan bakteri.

Reporter : Amelia Murni



Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here