Kitakini.news – Buat kamu Fresh Graduate, persiapkan diri anda karena beberapa bulan lagi akan segera lulus dari perguruan tinggi dan mulai mencari pekerjaan. Berbicara mencari pekerjaan, sudah menjadi momen menegangkan buat lulusan baru.

Beberapa orang mungkin sudah pernah bekerja sebelumnya, tetapi sebagian lainnya belum mempunyai bayangan tentang gambaran bekerja karena baru melakukannya. Golongan kedua terlihat khawatir atau cemas karena surat lamaran kerja mereka tidak direspon oleh perusahaan.

Buat kamu yang baru lulus kuliah atau fresh graduate tetapi belum dapat pekerjaan, jangan cemas karena berikut kiat cepat dapat kerja berdasarkan website Jobstreet:

1. Buatlah CV yang Baik

 

Meskipun terlihat sepele, masih banyak orang yang belum mengecek ketetapan CV yang dikirim saat melamar kerja. Curriculum Vitae (CV) merupakan salah satu dokumen penting yang dibutuhkan perusahaan saat anda melamar kerja.

Isi dari CV biasanya data pribadi, pendidikan, prestasi, organisasi, dan pengalaman kerja atau magang bagi yang punya. Agar mendapat kesan pertama yang baik, buatlah CV yang menarik dan profesional yang diinginkan perusahaan.

Risetlah cara membuat CV melalui orang tua, saudara kandung, atau dari buku dan internet. Kini sudah banyak website di internet yang menyediakan template pembuatan CV yang baik agar terlihat menarik. Jobstreet juga memberikan beberapa tips yang bisa dipraktikkan bagi jobseeker untuk membuat CV yang baik.

Cara Cepat Dapat Kerja Yang Lain Ialah Dengan Mengikuti Job Fair

2. Riset Tentang Jenis Pekerjaan yang Diminati

 

Setelah anda lulus sidang, biasanya kamu memiliki waktu luang sebelum dimulainya wisuda. Gunakanlah waktu tersebut untuk mulai mencari pekerjaan agar tidak sia-sia setelah wisuda. Jika sudah mendapatkan posisi yang cocok, kamu bisa mencari tahu apakah bisa mengirim lamaran kerja tanpa harus wisuda.

Luangkan waktu untuk memulai riset mengenai profil perusahaan yang menarik dan sesuai dengan karirmu. Kemudian cari tahu apakah ada posisi jabatan yang cocok buatmu di perusahaan. Jika sudah mendapat posisi mana yang kamu sukai, jangan lupa untuk mencari tahu lebih rinci tentang deskripsi pekerjaan dan seperti apa cara kerjanya yang bakal kamu hadapi.

3. Banyak Lamar Kerja di Job Fair

 

cara cepat dapat kerja

Jika sudah mencari info lowongan pekerjaan tetapi masih belum dapat bidang apa yang cocok untukmu, cobalah datang ke Job fair. Acara Job Fair biasanya diselenggarakan setiap tahun. Di Tengah Pandemi Covid-19, Job Fair tetap diselenggarakan secara online sehingga kamu bisa mencari pekerjaan dari rumah.

Seperti salah satu Job Fair yang diselenggarakan oleh Jobstreet, yaitu Virtual Career Fair (VCF) yang dilaksanakan pada 16-18 maret. Para peserta bisa mendaftar melalui situs Jobstreet. Beberapa Job fair Online, termasuk yang satu ini menyediakan layanan agar peserta dapat berbincang langsung atau bertanya dengan pihak perusahaan melalui wawancara online.

Selain dapat menemukan banyak pilihan bidang kerja, perusahaan yang ikut berpartisipasi dalam acara ini juga sudah diseleksi secara khusus oleh pihak penyelenggara dimana akan memudahkanmu dalam mencari pekerjaan yang diinginkan.

Penulis : Qurairah Urbana





Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here