Kitakini.news – Minum kopi sudah menjadi gaya hidup bagi banyak. Minuman yang berwarna hitam pekat seringkali digunakan sebagai obat anti-ngantuk. Kopi juga sering dinikmati saat pagi hari agar tubuh terasa lebih segar untuk menjalani berbagai aktivitas.

Akan tetapi, sebagian orang tidak cocok untuk mengonsumsinya sebab dapat meningkatkan efek asam lambung, detak jantung, gangguan tidur, atau cemas.

Selain kopi, kita juga bisa menikmuti 7 aneka minuman pengganti kopi sebagai minuman herbal sebagai sumber kafein. Tidak hanya menyehatkan, beberapa minuman ini juga menyegarkan buat tubuh. Berikut 7 minuman pengganti kopi, dijamin aman buat anda.

1. Matcha

Matcha berbeda dengan teh hijau pada umunya. Bedanya, matcha mengandung kafein lebih tinggi daripada kopi. Tidak hanya itu, matcha mengandung konsentrasi molekul antioksidan lebih tinggi daripada teh hijau. Molekul antioksidan yang dimaksud ialah epigallocatechin gallate (EGCG) yang dapat menurunkan tekanan darah.

2. Teh Hijau

minuman pengganti kopi

Kerabat matcha, teh hijau bisa anda konsumsi sebagai minuman pengganti kopi. Sama seperti matcha, teh hijau juga mengandung katekin EGCG yang memiliki efek antioksidan.

Dengan efek tersebut, EGCG dapat mengatasi kerusakan sel pada tubuh. Selain itu, sejumlah penelitian telah menunjukkan bahwa teh hijau memiliki manfaat antara lain:

– Meningkatkan performa fisik
– Meningkatkan fungsi daya ingat otak
– Menurunnya risiko penyakit kanker.

7 Minuman Pengganti Kopi, Dari Air Lemon Hingga Kombucha

 

3. Air Lemon

Mencari minuman pengganti kopi sebenarnya tidak perlu repot. Anda tinggal memotong lemon menjadi bagian dua, lalu memperasnya menjadi air lemon yang segar. Air lemon bisa menjadi minuman yang bebas kafein dan kalori, serta asupan vitamin C.

Seperti diketahui, vitamin C bertindak sebagai molekul antioksidan, dan berperan dalam sistem imun. Selain itu, vitamin C dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang menyebabkan kerusakan. Untuk menambah rasa, kamu bisa mencampurkan bahan lain ke dalam air lemon, seperti mint, basil, timun, dan apel.

4. Air Kelapa

Meskipun tidak mengandung kafein, air kelapa dapat memulihkan energa karena mengandung elektrolit. Beberapa elektrolit, seperti kalium, natrium, magnesium, termasuk mengandung serat, vitamin C, dan sedikit kalori. Sejumlah studi menunjukkan bahwa air kelapa mengandung banyak manfaat kesehatan. Diantaranya mencegah diabetes, batu ginjal, dan meningkatkan kesehatan jantung.

Air kelapa bisa langsung diminum dan tidak perlu menambah gula. Jika ingin membeli air kelapa kemasan, sebaiknya berhati-hati karena ada bahan tambahan, yakni sari gula.

5. Kombucha

minuman pengganti kopi

Kombucha merupakan minuman alternatif yang bisa dikonsumsi bagi anda yang ingin mengurangi asupan kopi. Kombucha terbuat dari teh hitam yang difermentasikan. Proses fermentasi tersebut menghasilkan kombucha yang kaya akan probiotik atau bakteri baik.

Kombucha mengandung molekul antioksidan dan asam asetat. Semuanya memiliki peranan baik bagi kesehatan. Kandungan L-theanine yang bekerja sama dengan kafein bantu mendorong energi tanpa menimbulkan kegelisahan. Kombucha mengandung kafein lebih sedikit dibanding teh biasa. Bagi kamu yang ingin mengonsumsi kafein ringan, kombucha menjadi pilihan alternatif buat anda.

Susu Kunyit dan Cokelat Panas

 

6. Susu Kunyit

Golden milk atau susu kunyit bisa menjadi pilihan minuman pengganti kopi bebas kafein. Sesuai dengan namanya, minuman ini berwarna keemasan karean berasal dari kunyit. Tidak hanya kunyit saja, bahan lain dari golden milk ialah madu, jahe, dan kayu manis.

Kunyit mengandung senyawa aktif, yakni Curcumin yang memiliki sifat anti-radang. Selain itu, Curcumin juga berperan sebagai molekul antioksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas.

7. Cokelat Panas

Walaupun sebagian orang menganggap cokelat panas sebagai minuman yang membantu rileks dan mempercepat tidur di malam hari, ternyata minuman ini juga bisa dikonsumsi sebagai pilihan alternatif pengganti kopi.

Menambahkan sedikit bubuk kakao ke dalam susu hangat dan pemanis menjadikan minuman ini sebagai minuman pagi yang abik. Dengan antioksidan yang kuat serta rasa yang mirip dengan kopi, cokelat panas bisa menjadi pilihan tepat yang bisa dicoba.

Penulis : Qurairah Urbana





Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here