Kitakini.news – Kasus Covid 19 yang ada di Sumut kini telah mencapai 27.484 orang. Jumlah itu didapatkan setelah kembali diperoleh penambahan 61 kasus baru dari 3 kabupaten/kota.

Hal itu disampaikan Juru Bicara (Jubir) Satgas Penanganan Covid-19 Sumut dr Aris Yudhariansyah.

“Tambahan 61 kasus itu meliputi Medan dengan 42 orang, Deliserdang 17 orang dan Asahan dua orang,” ujar dr Aris Yudhariansyah, Jumat (2/4/2021) malam.

Terhadap angka kesembuhan, kata Aris, jumlahnya saat ini sebanyak 24.163 orang setelah didapatkan penambahan sebanyak 81 orang dari 9 Kabupaten/Kota. Daerah itu masing-masing Kota Medan dengan 51 orang, Deli Serdang 18 orang, Tebing Tinggi tiga orang, Siantar. Sementara itu, Sibolga dan Labura dua orang, serta Binjai, Simalungun dan Sergai satu orang.

“Untuk angka kematian jumlahnya kini ada 915 orang, setelah didapatkan penambahan satu kasus dari Kota Medan. Kemudian untuk diagnosa suspek, saat ini terdapat 837 orang setelah bertambah 38 orang,” katanya.

2.406 Pasien Kasus Covid di Sumut Jalani Perawatan di RS dan Mandiri

Aris menjelaskan, dari data tersebut diketahui jika saat ini terdapat 2.406 kasus aktif yang tengah menjalani perawatan isolasi. Isolasi ada yang dilakukan di rumah sakit maupun mandiri.

Sementara itu, berdasarkan hasil pembobotan skor dan zonasi risiko daerah oleh Satgas Penanganan Covid-19 pusat per 28 Maret 2021, Kota Medan telah dinyatakan keluar dari zona merah (risiko tinggi).

Informasi yang disampaikan melalui laman covid19.go.id/peta-risiko, di Provinsi Sumut saat ini hanya terdapat 6 daerah yang berzona orange (resiko sedang) yaitu Kota Medan, Deliserdang, Dairi, Karo, Binjai dan Pematang Siantar.

Sedangkan untuk zona kuning (risiko rendah) terdapat sebanyak 24 Kabupaten/Kota, yakni Tanjung Balai, Tebing Tinggi, Pakpak Bharat, Samosir, Tapteng, Nias, Tobasa, Paluta, Labusel, Sibolga, Sergai, Batubara, Padang Lawas, Labuhanbatu, Mandailing Natal, Gunung Sitoli, Tapsel, Simalungun, Labura, Padangsidimpuan, Humbahas, Asahan, Taput dan Langkat.

Nias masih jadi Zona Hijau

Berikutnya untuk zona hijau, masih terdapat 3 daerah di Kepulauan Nias. Masing-masing Nias Barat, Nias Utara serta Nias Selatan.

Aris bilang, Kota Medan sendiri sebagai daerah dengan kasus terbanyak mencatat, total kasus konfirmasinya kini telah mencapai 14.427 usai didapatkan 42 kasus baru. Dari jumlah itu, 12.844 diantaranya sembuh usai bertambah 51 orang dan 437 meninggal usai bertambah satu orang.

“Untuk kasus aktif yang ada di Kota Medan saat ini mencapai 1.146 orang,” pungkas Aris.

Reporter : Syahrial Siregar





Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here