ilustrasi buah delima. (foto : hotliputan6)


Medan.top
– Siapa yang tidak mengenal buah delima? Buah delima atau Punica granatum adalah salah satu buah yang kaya akan manfaat tak terduga untuk kesehatan. Buah delima mengandung berbagai nutrisi penting, seperti protein, karbohidrat, serat, vitamin C, vitamin b complex, vitamin E dan vitamin K yang di butuhkan oleh tubuh.

Mengonsumsi buah delima secara teratur mampu menghindarkan tubuh dari berbagai penyakit yang bisa membahayakan kesehatan. So, apa saja manfaat buah delima untuk kesehatan? Simak di bawah ini untuk mengetahuinya!

Manfaat Buah Delima

Manfaat Buah Delima
Sumber : Hypermart

1. Bisa menurunkan tekanan darah

Manfaat buah delima yang di sebutkan pertama yaitu bisa menurunkan tekanan darah. Tekanan darah tinggi (hipertensi) adalah salah satu kondisi pemicu serangan jantung dan stroke yang paling umum. Nah, rutin minum jus buah delima di percaya bisa menurunkan tekanan darah tinggi secara alami.

Penurunan tekanan darah dengan buah delima dapat terjadi paling cepat 2 minggu atau hasil paling optimal terlihat dalam 12 minggu. Jus buah delima kaya akan kandungan antioksidan polifenol yang dapat melawan aterosklerosis serta peradangan pembuluh darah sehingga membantu menurunkan tekanan darah.

2. Mencegah penyakit jantung

Jika kamu memiliki risiko menderita penyakit jantung coroner, cobalah untuk mengonsumsi jus buah delima secara rutin. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi setidaknya 200 ml jus buah delima setiap hari selama 3 bulan, dapat menurunkan gejala iskemia akibat penyempitan pembuluh darah jantung.

Buah delima juga baik untuk kesehatan jantung karena dapat membantu mengontrol tekanan darah dan mencegah pembentukan sumbatan pada pembuluh darah, sehingga dapat menjaga aliran darah jantung dan pembuluh darah di seluruh tubuh tetap lancar.

3. Mencegah kanker

Manfaat buah delima juga di percaya bisa menghambat tumbuhnya kanker, terutama kanker prostat, kanker kulit, kanker paru-paru dan kanker payudara. Buah delima mengandung antioksidan yang tidak hanya berguna untuk melawan radikal bebas, tapi juga bisa memperbaiki dan mencegah kerusakan DNA yang dapat memicu munculnya sel kanker.

4. Mengurangi kolesterol jahat

Manfaat buah delima yang kaya akan nutrisi dan antioksidan ini juga di ketahui bisa mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Hal ini di simpulkan dari beberapa hasil penelitian yang menyatakan bahwa manfaat buah-buahan dan sayur yang kaya serat dan antioksidan dapat mengurangi kadar kolesterol. Akan tetapi, beberapa penelitian yang mengkaji manfaat buah delima dalam menurunkan kolesterol masih belum menunjukkan data yang konsisten, sehingga masih di perlukan penelitian lebih lanjut.

5. Membantu melawan arthritis dan nyeri sendi

Mengingat sifat antiinflamasi yang di miliki buah delima, tak mengherankan jika buah ini dapat membantu mengobati radang sendi.

Penelitian laboratorium menunjukkan bahwa ekstrak buah delima bisa memblokir enzim yang di ketahui merusak sendi pada penderita osteoartritis.

Meskipun begitu, penelitian yang membuktikan hal tersebut hanya di lakukan pada hewan percobaan.

Oleh karena itu, di butuhkan studi lanjutan untuk memaparkan seberapa efektif buah delima dalam melawan arthritis dan nyeri persendian.

6. Menjaga kekebalan tubuh

Buah delima mengandung vitamin C yang cukup tingi. Vitamin C merupakan nutrisi penting untuk mendukung fungsi sistem imun.

Satu buah delima biasanya bisa memenuhi sekitar 40% kebutuhan vitamin C harian kamu. Untuk mendapatkan manfaatnya, konsumsilah delima segar, bukan jus kemasan ataupun sirup. Pasalnya, vitamin C bisa pecah dalam proses pasteurisasi.

7. Mengurangi tanda-tanda penuaan

Lagi-lagi, berkat kandungan antioksidan yang ada pada buah delima. Manfaat buah delima dalam melindungi sel kulit dari kerusakan akibat sinar ultraviolet ini banyak di gemari. Terlalu sering terpapar sinar matahari bisa membahayakan kesehatan kulit dan menyebabkan kerusakan oksidatif pada sel-sel kulit.

Hal tersebut juga meningkatkan risiko mengalami tanda-tanda penuaan dini seperti keriput, garis-garis halus, kulit terbakar, hingga kanker. Zat polifenol pada buah delima membantu mencegah hiperpigmentasi dan flek hitam.

8. Meregenerasi kulit

Kini, buah delima banyak di gunakan sebagai bahan produk perawatan kulit. Minyak biji buah delima dapat membantu melindungi lapisan terluar kulit (epidermis) dan lapisan di bawahnya (dermis).

Buah delima pun ternyata bisa membantu meningkatkan penggantian sel-sel kulit (regenerasi) epidermis. Di tambah lagi, buah delima juga membantu meningkatkan sirkulasi dan penyembuhan kulit, membantu perbaikan jaringan serta penyembuhan luka.

Penulis : Rosi



Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here