Sumber : IDN Times


Medan.top
– Tak sedikit yang bersedia menghabiskan banyak uang dan waktu untuk membuat kulitnya tampak lebih muda. Ada banyak krim atau produk perawatan kulit yang bisa membuat kita terhindar dari penuaan dini. Contohnya, krim yang mengandung vitamin C untuk melawan kerutan. Mencegah penuaan dini gak harus selalu lewat produk perawatan kulit, melalui makanan kamu juga bisa mencegah penuaan dini lho.

Kulit yang segar dan awet muda tentu menjadi dambaan bagi banyak orang, khususnya perempuan. Namun, banyaknya faktor yang dapat menyebabkan penuaan dini membuat kulit terlihat kurang segar dan tua. Salah satu penyebab penuaan dini yang sering terjadi ialah paparan sinar matahari.

So, apa saja makanan yang dipercaya bisa mencegah penuaan dini? Simak di bawah ini untuk mengetahuinya.

8 Makanan yang Bisa Mencegah Penuaan Dini

1. Tomat

makanan yang bisa mencegah penuaan dini adalah tomat
Sumber : Intisari Online – Grid.ID

Makanan yang dipercaya bisa mencegah penuaan dini yang disebutkan pertama ialah tomat. Selain vitamin C, tomat kaya akan likopen. Kandungan likopen pada tomat merupakan antioksidan kuat yang mampu melindungi kulit dari sengatan matahari dan radikal bebas. Seperti yang kita tahu, radikal bebas bisa memecah molekul kolagen dan elastin yang pada akhirnya menyebabkan keriput dan juga peradangan kulit.

2. Alpukat

makanan yang bisa mencegah penuaan dini adalah alpukat
Sumber : KlikDokter

Alpukat kaya dengan asam lemak tak jenuh tunggal. Hal inilah yang membuatnya bisa menjadi salah satu makanan yang ampuh untuk mencegah penuaan dini. Alpukat mengandung lemak anti-inflamasi yang dapat melembabkan kulit, menunda kerutan, dan melindungi kulit dari efek bahaya sinar matahari.

3. Sayuran hijau

Sumber : Pertanianku

Bayam, brokoli dan sayuran hijau lainnya juga menjadi makanan yang dipercaya bisa untuk mencegah penuaan dini. Sayuran hijau kaya akan vitamin A, C, E, dan K, serta serat. Semua kandungan tersebut memiliki khasiat baik dan efektif untuk mencegah penuaan kulit dari dalam.

Vitamin C merupakan bahan pembuat kolagen yang bisa menjaga elastisitas kulit, sementara vitamin A dapat berperan dalam mencerahkan kulit. Lalu, vitamin E memiliki kandungan antioksidan dan vitamin K dapat mengatasi peradangan di kulit. Agar nutrisi sayuran hijau tersebut tidak rusak dalam proses memasak, usahakan untuk tak memasaknya terlalu lama.

4. Ikan

makanan yang bisa mencegah penuaan dini adalah ikan
Sumber : Mother and Baby

Tak hanya sayuran, ikan-ikan tertentu juga bisa membantu mencegah penuaan dini. Contohnya, salmon, mackerel, sarden, dan trout. Ikan-ikan ini kaya asam lemak omega-3 yang bisa menjaga kulit agar tetap kenyal, lembap dan awet muda.

Ikan-ikan di atas juga bersifat antiinflamasi, sehingga bisa membantu masalah kulit, seperti eksim atau psoriasis. Salmon, mackerel, sarden, dan trout juga kaya protein, vitamin E, dan seng yang berperan penting untuk menjaga kesehatan kulit.

5. Teh hijau

Sumber : Kompas.com

Selain enak di minum, teh hijau juga memiliki banyak manfaat baik bagi kulit. Teh hijau kaya antioksidan bernama katekin. Zat ini dapat mencegah kerutan kulit (penuaan dini) dengan cara merangsang pergantian sel kulit.

6. Kedelai

Sumber : Liputan6.com

Rutin mengonsumsi kedelai juga bisa membantu kita terhindar dari penuaan. Kedelai banyak mengandung isoflavon, antioksidan polifenol yang telah terbukti dapat meningkatkan produksi kolagen. Menariknya lagi, nutrisi dalam kedelai juga bisa membantu untuk mengurangi keriput dan melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

7. Coklat hitam

Sumber : Kakakoa

Makanan selanjutnya yang bisa membantu mencegah penuaan dini adalah cokelat hitam. Cokelat hitam mengandung antioksidan yang tinggi. Menurut  penelitian antioksidan dapat meningkatkan aliran darah ke kulit, melindungi dari sengatan matahari, dan meningkatkan hidrasi kulit.

8. Semangka

Sumber : KlikDokter

Pasalnya, seseorang yang sering mengalami dehidrasi lebih rentan mengalami penuaan. Nah, buah buah semangka mengandung banyak air, vitamin A, C, dan E yang sangat di butuhkan tubuh. Kandungan ini sangat bisa untuk melembabkan, menyehatkan kulit serta mencegah penuaan dini.

Penulis : Rosi



Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here