Pertemuan Pemprov Sumut dan Pertamina bahas tentang kenaikan harga BBM nonsubsidi. (foto : istimewa)

Medan.top – Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) tidak menyangka kebijakan Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor dan Pajak Rokok (PBBKB) mempengaruhi harga BBM ke masyarakat. Kenaikan harga BBM ini di luar skenario Pemprov Sumut.

 

Pernyataan diungkap Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sumut, Irman Oemar usai pertemuan dengan Pertamina di Kantor Gubernur Sumut, Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30 Medan, Rabu (7/4/2021).

 

Pada pertemuan tersebut Pemprov Sumut menyampaikan permintaan agar Pertamina tidak menaikkan harga BBM non subsidi di Sumut. Namun tetap menjalankan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 1 tahun 2021, yaitu tentang PBBKB.

 

“Pemprov Sumut berharap kebijakan Pertamina untuk membantu Sumut dalam upaya memenuhi target pendapatan untuk biaya pembangunan daerah. Tujuan kita menaikkan pajak PBBKB ini adalah untuk menyejahterakan rakyat, dengan PAD kita yang meningkat. untuk itu kami mengusulkan kepada Pertamina, agar Pergub tersebut tetap berjalan namun tidak menaikan harga BBM non subsidi,” ujar Irman Oemar usai pertemuan kepada wartawan.

 

Irman menyampaikan pandemi Covid-19 ini berdampak bagi Pendapatan Asli Daerah (PAD). Dalam situasi ini, Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut, tetap berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Yakni dengan meningkatkan pendapatan untuk belanja pembangunan berbagai aspek. Seperti bidang kesehatan, pendidikan dan infrastruktur. Tentunya melalui optimalisasi PAD.

 

“Kita melihat ada peluang di sini (PBBKB). Oleh karenanya kita melakukan penyesuaian tarif PBBKB,” jelas Irman.

 

Namun dalam kebijakan menaikkan PBBKB tersebut, jelas dia, Pemprov Sumut tidak bermaksud menambah beban masyarakat. “Kenaikan harga BBM yang terjadi di luar skenario yang diperkirakan,” ucap Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Sumut ini.

 

GM Pertamina : Kami Akan Usulkan kepada Pusat Terlebih Dahulu

 

Menanggapi permintaan Pemprov Sumut, Excecutive General Manager Pertamina Regional Sumbagut Herra Indra Wirawan mengatakan akan menyampaikan permohonan itu ke Pertamina Pusat terlebih dahulu. “Kami akan menyampaikan usulan tersebut kepada pusat, kami juga berjanji tidak akan mengurangi persediaan BBM bersubsidi yang ada di Sumut,” ungkap dia.

 

“Harga BBM di Sumatera juga lebih beragam dibandingkan Jawa,” tukasnya.

 

Reporter : Amelia Murni



Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here