Kitakini.news – Jika anda ingin membeli smartphone, biasanya fitur yang ditawarkan ialah fisiknya, kualitas kamera, fingerprint, Face ID atau Wireless Charging. Selain fitur tersebut, anda memerlukan smartphone yang bisa digunakan jangka panjang, maka penting untuk membandingkan kapasitas RAM dan ROM.

Adapun jenis memori yang paling umum di ponsel, yakni memori utama (RAM), sedangkan memori internal atau penyimpanan disebut ROM. Tapi, masih banyak yang bingung perbedaan antara RAM dan ROM (Read Only Memory).

Kemiripan kedua nama itu membuat para pengguna sering salah mengartikan dan diabaikan. Ternyata RAM dan ROM itu berbeda. Supaya tidak salah membeli, berikut perbedaan antara RAM dan ROM pada smartphone yang harus kamu tahu.

Pengertian RAM dan ROM

 

Pengertian RAM di Smartphone

RAM ialah singkatan dari Random Access Memory. RAM merupakan perangkat memori yang berguna menyimpan data perintah dari aplikasi atau sistem secara cepat. RAM juga berfungsi untuk menyimpan data dari aplikasi saat sedang berjalan. Dengan adanya RAM, sistem dan aplikasi dapat berjalan dengan lancar dan merespon perintah pengguna dengan baik.

RAM hp termasuk memori yang meng-save data dan perintah dari program yang bersifat tidak tetap, atau bisa berubah kapanpun. Jadi, RAM ialah memori penyimpanan data program yang diperlukan aplikasi saat bekerja.
Data yang diperlukan aplikasi saat berjalan akan dipanggil dari RAM. Saat aplikasi ditutup, semua data aplikasi dalam RAM akan terhapus.

Pengertian ROM di Smartphone

ROM ialah singkatan dari Read Only Memory. ROM merupakan memori perangkat yang berfungsi untuk menyimpan dan membaca data. Data di dalam ROM sifatnya tetap, artinya tidak akan hilang dan tidak berubah sendirinya meskipun smartphone dinonaktifkan. Jadi, ROM hp berfungsi untuk menyimpan aplikasi dan sistem yang bersifat permanen.

Saat aplikasi atau sistem dijalankan, data yang diperlukan saat bekerja akan dibaca lewat ROM. Selain untuk meng-save data yang bersifat tetap, ROM android juga berguna untuk menyimpan berbagai data di luar sistem seperti video, foto, musik, dokumen digital, dan sebagainya

Fungsinya di Smartphone

 

Jika dilihat penjelasan di atas, jelas sekali perbedaan antara RAM dan ROM di Smartphone. Perbedaan fungsi keduanya yang paling menonjol ialah RAM dipakai untuk menyimpan data bersifat acak dari aplikasi dan sistem saat bekerja.

Sedangkan ROM berguna untuk menyimpan data aplikasi, sistem dan di luar sistem yang sifatnya lebih tetap. Memori RAM akan diisi dan dihapus secara otomatis saat ada aplikasi yang bekerja. Jika daya listrik terputus, maka semua memori dalam RAM akan menghilang.

Berbeda dengan RAM, ROM berfungsi untuk menyimpan data yang bersifat menetap dan tidak akan bisa dihapus secara otomatis saat aplikasi ditutup kehilangan daya listrik. Pada smartphone, fungsi RAM ialah untuk menjaga aplikasi dan sistem dapat berjalan lancar dan merespon. Sedangkan fungsi ROM pada smartphone ialah untuk menyimpan data aplikasi bersifat tetap dan data lainnya, misalnya video, foto, musik, dan sebagainya

Perbedaan RAM dan ROM di Smartphone

 

Setelah kita melihat perbedaan RAM dan ROM dari segi pengertian dan fungsinya, ini perbedaannya dari beberapa poin berikut ini:

1. Kebutuhan Arus Listrik

RAM android memerlukan listrik untuk dapat beroperasi. Tanpa aliran tersebut, RAM tidak dapat meng-save dan mengubah data yang disimpan di dalamnya secara langsung. Jika tidak ada aliran listrik, memori dalam RAM akan hilang secara langsung.

Sementara ROM hp dapat menyimpan data secara terus menerus tanpa bantuan aliran listrik. Seperti video yang anda simpan dalam ROM tidak akan hilang walaupun smartphone dimatikan.

2. Data yang Disimpan

RAM berguna menyimpan data yang sifatnya sementara. Sedangkan ROM menyimpan data yang sifatnya permanen. Data yang dismpan dalam RAM tergantung aplikasi dan sistem yang sedang beroperasi. Semakin banyak aplikasi yang dipakai, semakin banyak data yang disimpan dalam RAM. Data yang disimpan dalam RAM akan hilang jika hp dinonaktifkan.

ROM yang menyimpan data utama yang diperlukan sistem dan aplikasi sifatnya tetap. Data yang disimpan di ROM tidak akan hilang walaupun hp dinonaktifkan. Data sistem pada ROM hanya bisa dibaca tetapi tidak bisa dihapus. Jika anda hapus semua data dalam ROM, artinya akan merusak androidmu. Selain menyimpan sistem data, ROM berguna untuk menyimpan data di luar sistem.

Kesimpulannya, perbedaan keduanya dari segi fungsi yang paling menonjol ialah RAM untuk menyimpan data secara sementara, sedangkan ROM untuk menyimpan data pendukung sistem yang lengkap secara permanen

Kapasitas

 

3. Kapasitas RAM vs ROM

Kapasitas yang dimiliki ram lebih sedikit dibandingkan ROM. Sebab, memori RAM hanya bekerja untuk menyimpan data secara permanen. Jadi, jumlahnya tidak akan pernah lebih besar dibandingkan kapasitas ROM
Smartphone yang sekarang memiliki RAM dengan kapasitas 2 GB hingga 8 GB.

Sedangkan ROM hp memiliki kapasitas lebih besar daripada RAM, bahkan bisa berkali lipat. Seperti android yang memiliki kapasitas memori ROM mulai dari 16 GB sampai 512 GB.

Penyebab kapasitas ROM di android lebih banyak dari RAM ialah karena ROM juga menyimpan data lainnya, tidak hanya sekedar penyimpanan data sistem secara tetap. ROM juga berperan menyimpan data di luar sistem.
Sudah terlihat jelas letak perbedaan keduanya ialah terdapat kapasitasnya. Jadi, jika anda membaca spesifikasi Smartphone dan melihat tulisan “6 GB/128 GB”, maksudnya hp tersebut memiliki RAM 6 GB dan ROM 128 GB.

Penulis : Qurairah Urbana





Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here