Kitakini.news – Sepatu sangat berpengaruh dalam penampilan khusus pria, karena memiliki peran penting demi tampil maksimal. Dari sekian banyak jenis sepatu yang ada, sepatu yang terbuat dari bahan kulit menjadi sepatu yang wajib dimiliki oleh pria.

Jenis sepatu ini sering digunakan dalam berbagai aktivitas, baik non formal mapun formal. Tidak heran jika banyak merek sepatu pantofel untuk pria. Namun, jenis sepatu formal buat pria ternyata banyak. Tapi sayang, tidak semua orang yang mengetahuinya.

Kebanyakan orang tahu sepatu formal untuk pria ialah sepatu Oxford, padahal bukan hanya itu saja. Buat para pria yang hobi stylish, mari simak 12 jenis sepatu formal untuk pria agar terlihat kece saat perayaan resmi.

12 Jenis Sepatu Formal Pria

 

1. Chukka Boots

12 jenis sepatu formal

Chukka boots merupakan jenis sepatu yang biasanya dipakai banyak pria untuk acara resmi dan bisa dipakai secara kasual. Sepatu ini biasanya terbuat dari kulit dan tinggi sol sekitar 2 sampai 3 cm. Chukka boots memiliki model yakni bagian tali yang pendek dan terbuka, sehingga bentuknya terlihat mirip seperti sepatu Derby

2. Derby

Sekilas jenis sepatu formal pria ini hampir sama dengan sepatu oxford, sehingga banyak orang yang sulit membedakan mana sepatu oxford dengan derby. Perbedaan antara jenis oxford dan derby ialah terletak pada ikatan tali sepatunya.

Sepatu derby menggunakan jenis ikatan tali sepatu model terbuka atau disebut open lacing. Dengan penggunaan tali sepatu model ini, dapat memberi kesan santai dan kasual. Hal ini yang membuat derby menjadi salah satu sepatu yang bisa digunakan dalam acara formal maupun semi formal.

3. Brogue

12 jenis sepatu formal

Sepatu brogue tampak berbeda dengan jenis sepatu formal pria lainnya, karena terletak pada aksen dekorasi lubang pada tali sepatu ini. Lubang pada sepatu ini berfungsi untuk bantu mengeluarkan air yang terjebak di dalam sepatu.

Dengan adanya lubang ini, sepatu ini memberi tampilan yang berbeda dan berkarakter dari jenis sepatu lainnya. Walaupun sepatu ini tidak seformal seperti oxford, sepatu ini sebenarnya cocok digunakan untuk pergi ke kantor.

4. Wingtip

Jenis sepatu formal pria lainnya yaitu Wingtip. Jenis sepatu ini tidak terlalu kasual dibandingkan sepatu oxford, tapi dapat memberi kesan berkelas. Hal ini dikarenakan sepatu wingtip memiliki detail Pointed Toecap berbentuk “W” atau “M”. Jadi, sepatu ini masih bisa dipadukan dengan pakaian kasual setiap hari.

Penny loafers Hingga Mocassin Shoes

 

5. Penny Loafers

Dahulu, jenis sepatu ini banyak digunakan pada perayaan resmi. Sekarang, banyak pria dewasa yang banyak memadukannya dengan berbagai pakaian kasual. Ciri khas dari sepatu ini terletak pada penggunaan ban tali di bagian ujung sepatunya yang diberi detail tambahan pada bagian dalam kulit yang dibuat celah berbentuk wajik.

Sepatu ini sangat cocok digunakan apabila dipadukan dengan celana panjang dengan bagian bawah digulung sehingga terlihat rapi.

6. Budapester Toe

Desain pada budapester toe terinsipirasi dari sepatu tradisional yang berasal dari Hungaria. Jenis sepatu ini cukup terkenal di Jerman dan Eropa bagian Timur. Ciri khas jenis sepatu ini ada pada ujung sepatu yang terdapat ruang cukup besar dibandingkan sepatu lainnya.

Jika dilihat dari atas, sepatu budapester memiliki bentuk sedikit bulat, dan ujungnya agak runcing apabila dilihat dari samping. Sebenarnya, sepatu ini cocok digunakan untuk acara formal maupun kasual.

7. Monk Strap

Perbedaan antara sepatu ini dengan model lainnya terletak di bagian tali kulit bahu pengikat sepatu yang agak lebar. Hal ini membuat sepatu monk diberi nama “Strap” dimana berfungsi untuk mengencangkan tali sepatu.

Jenis sepatu ini bagus digunakan saat acara smart-casual maupun resmi. Selain itu, pria yang memakai sepatu ini akan memberi kesan mewah ala nuansa Eropa.

8. Cap Toes

Cap Toes artinya tambahan lapisan pada ujung depan sepatu. Daris segi bentuk, sepatu ini sebenarnya sama dengan sepatu Oxfords. Sepatu Cap Toes bisa digabungkan dengan penggunaan Tuksedo, jas, atau jeans tergantung tingkat formalitas dan gayanya.

9. Moccasin Shoes

12 jenis sepatu formal

Moccasin adalah jenis sepatu formal cowok dimana merupakan kombinasi antara boat shoes dan loafer. Sepatu ini dinilai lebih nyaman digunakan karena terbuat dari bahan yang lembut.

Untuk membedakan antar jenis sepatu yang digunakan untuk cowok dan cewek terdapat pada bagian pita di punggung sepatu. Khusus pria, tidak ada tambahan pita dan terkesan lebih polos. Jenis sepatu formal ini sangat mudah jika dipadukan dengan berbagai pakaian.

12 Jenis Sepatu Formal Pria: Loafers Hingga Chelsea Boots

 

10. Loafers

Loafers merupakan jenis sepatu pria yang praktis dipakai. Kebanyakan model dari Loafers ini ialah simple dan polos, sehingga cocok digunakan untuk tampilan formal maupun kasual. Karena modelnya slip on shoes, sepatu ini jadi populer sehingga banyak dipakai oleh para pria.

11. Boat Shoes

Sepatu ini cocok digunakan untuk tampilan kasual-formal. Sehingga sepatu ini wajib dimiliki oleh banyak cowok. Tampilannya yang terlihat simple dan santai cukup diminati oleh anak muda.

12. Chelsea Boots

Jenis sepatu formal pria terakhir ialah Chelsea Boots. Sepatu ini merupakan sepatu boots yang tidak ada tali, modelnya slip-on dan sangat praktis digunakan daripada sepatu boots lainnya. Sepatu ini memiliki model yang terlihat rapi serta simple, sehingga memudahkan penampilanmu dengan setelan kasual hingga formal.

Penulis : Qurairah Urbana

 

 





Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here